Senin, 21 Desember 2009

pandora hearts

Menurut mitos Yunani Kuno, Dewa Zeus memberikan kemakmuran dan kebahagiaan bagi umat manusia. Selain itu Dewa Zeus memberikan suatu kotak yang tidak boleh dibuka oleh siapa pun. Karena di dalam kotak itu tersimpan sesuatu yang mengerikan, bencana tak terelakan. Ada seorang Manusia serakah ingin tahu sekali tentang isi dari Pandora, maka dengan tidak ragu-ragu dia membuka kotak itu. Yang terjadi adalah munculnya makhluk mengerikan yang menyebarkan kegelapan dimana-mana.

Manga kali ini mengambil judul Pandora Hearts dan dikarang oleh Jun Mochizuki berkisah tentang suatu Dunia Lain bernama Abyss yang menyimpan makhluk mengerikan (Chain) yang dipakai untuk mencapai tujuan si pemilik (Kontraktor) makhluk tersebut. Hanya 4 keturunan keluarga yang berhak mengendalikan makhluk tersebut yaitu keluarga Rainsworth , Nightray,  Vessalius dan Barma dan kontraktor tersebut tidak bertambah tua semenjak dia mendapatkan kontrak dengan makhluk tersebut.  Apabila selain dari keluarga bangsawan itu yang mengendalikan makhluk tersebut maka disebut Kontraktor illegal, keuntungan yang kontraktor illegal  dapat dari penguasa Abyys adalah terulangnya waktu sesuai dengan yang kontraktor illegal harapkan. Tentu konsekuensi yang mereka dapatkan sangatlah berat, si kontraktor illegal haruslah menumbalkan manusia untuk menjaga eksistensi dari makhluk tersebut dan apabila tanda khusus yang tertera di tubuhnya yang berupa lingkaran jam telah sepenuhnya menunjukan satu putaran, maka si pemilik kontrak akan ditarik ke dunia Abyss.

Plot

Oz Vessalius kini berumur 15 tahun dan sudah tiba saatnya untuk melaksanakan upacara kedewasaan. Oz Vessalius adalah tipe orang yang suka jahil tetapi orangnya sangat rendah hati dan rela berkorban. Dia tinggal bersama pamannya yang bernama Oscar Vessalius dan adiknya yang bernama Ada Vessalius beserta seorang pelayan yang agak-agak paranoid terhadap kucing (Oz paling suka menjahilinya) yaitu Gilbert.  Oz memiliki seorang Ayah yang tidak perduli padanya sampai-sampai jarang ada di rumah, sedangkan ibunya Oz sudah lama meninggal.  Saat pesta dirayakan ada beberapa orang yang mengucapkan selamat kepada Oz diantaranya putri keluarga ternama Rainsworth yaitu Shalon. Lucunya, Oz langsung jatuh cinta pada Shalon dan bertekad kelak kalau sudah dewasa kelak Shalon akan dijadikan istrinya.
Tanpa Oz sadari, seiring berjalannya pesta ke acara puncak, tiba-tiba sekelompok orang berjubah datang dan mengacaukan pesta dan yang saking mengagetkannya, Gilbert yang kehilangan kendali akan kesadarannya dan menyerang Oz sampai terluka. Oz menyadari kalau Gilbert dikendalikan oleh salah satu dari kawanan berjubah tersebut. Oz pun menyerang salah satu kawanan berjubah tersebut, tetapi anehnya Gibert yang telah mendapatkan kembali kesadarannya malah menghalangi Oz menyerang salah satu kawanan berjubah, sehingga Gilbert terluka sangat parah. Kawanan berjubah tersebut datang ke pesta tersebut untuk membawa Oz ke dunia Abyss karena dosa terberat yang dia miliki yaitu keberadaannya Oz sendiri di dunia.
Dalam suasana yang genting tersebut, Oz bertemu dengan Alice. Alice adalah gadis pemarah yang kesepian yang katanya sudah menunggu Oz dalam kurun waktu yang sangat lama. Ternyata Alice adalah wujud makhluk penghuni Abyss (Chain) terkuat. Dan dia mengatakan bahwa Oz dan dirinya telah terikat kontrak. Oz pun akhirnya terenggut ke dunia Abyss. Akibat suatu Insiden Oz akhirnya terselamatkan dari dunia Abyss tetapi serta merta pula membawa Alice bersamanya. Saat dia sadar dia bertemu dengan suatu kelompok yang mengatas namakan dirinya dari Organisasi Pandora.

Karakter

Oz Vessaliuss

Orang cerdik yang suka menjahilin orang. Tipenya tidak sombong walaupun ia adalah seorang anak bangsawan. Tanpa dia ketahui alasannya dia dihukum untuk dijatuhkan ke Dunia Abyss karena dosa yang telah dia perbuat. Dia pun bertemu Alice, makhluk dari Abyss yang terikat kontrak dengan Oz. Setelah dia selamat dari Dunia Abyss, bersama Alice dia mencari jawaban atas semua hal misterius yang menimpa dirinya.
Alice (Black Rabbit)

Chain milik Oz. Tidak tahu cara bertingkah laku dan bersikap di Dunia nyata. Kadang sifatnya sulit dimengerti karena dia tidak tahu bagaimana cara mengungkapkan perasaannya. Dia tidak punya iangatan sama sekali akan dirinya sendiri di masa lalu. Oz pun iba melihat Alice dan akhirnya membantu Alice untuk mengingat siapa sirinya sebenarnya. Seiring jalan cerita, Oz menyadari ingatan Alice adalah kunci terkuaknya misteri yang menyelimuti dirinya.
Raven Nightray

Salah satu anak bangsawan Nightray, orang  yang menyelamatkan Oz dari dunia Abyss. Dia bekerja untuk mengawal Oz dari gangguan pihak-pihak yang tidak diinginkan. Sikapnya agak dingin kepada orang disekitarnya. Teman bertengkarnya Alice. Kadang Oz merasa Dejavu (perasaan seolah-olah situasi yang dialaminya sekarang pernah terjadi di masa lalu) bila melihat sosok Raven.
Shalon Rainsworth

Cewek muda cantik yang ditaksir oleh Oz. Dia adalah seorang putri dari keluarga ternama Rainsworth. Pintar sekaligus ambisius. Dia menjadi informan penting bagi organisasi Pandora. Memposisikan dirinya sebagai wanita berkelas dan suka mengajari Alice hal-hal yang bersifat kewanitaan, seperti masalah cinta. Ngomong-ngomong masalah cinta, cinta pertama Shalon adalah Gilbert, sang pelayan keluarga Vessalius.
Xerxes Break

Orangnya suka bercanda dan nyeleneh. Dia kadang muncul dan pergi seperti pesulap. Misalnya muncul di kolong meja makan dan pergi melalui lemari pakaian. Dia memiliki boneka yang bernama Emily, dan bila dia mau menjelek-jelekan orang dia selalu menggunakan bonekanya untuk berbicara, seperti wayang. Dia orang kepercayaan keluarga Rainsworth. Tidak jelas sikapnya, apakah dia itu kawan atau lawan.
Vincent Nightray

Adiknya Rave. Orangnya memiliki dua mata yang berbeda warna. Yang mata kiri berwarna kuning, sementara yang kanan berwarna merah anggur. Salah satu anak bangsawan Nightray. Sikapnya semena-mena dalam bertindak. Kadang suka mengandalkan kekerasan saat memecahkan masalah. Sepertinya dia memiliki rencana tersendiri terhadap Oz.
Echo

Orang suruhan Vincent. Wanita ini berwajah tanpa ekspresi. Selalu menuruti apa kata-kata Vincent, bahkan dia sampai mau menjadi sample keefektifan penawar dari racun yang nantinya akan diberikan kepada Shalon. Kadang Oz memperlakukan Echo dengan sangat lembut, dan buahnya adalah timbul perasaan suka di hati Echo terhadap Oz.

Closing

Walaupun judulnya ada embel-embel Pandora, nama karakter dan jalan cerita mirip gabungan dongeng Alice’s Adventures in Wonderland dan Through the Looking-Glass. Ceritanya lumayan bernuansa kelam. Jalan ceritanya susah ditebak dengan berubahnya sikap masing-masing karakter ditengah cerita, sekaligus hebatnya pengarang dalam menjalin keruwetan hubungan anatar karakter-karakter dalam komik tersebut. Saat artikel ini ditulis, di Indonesia sendiri komiknya sudah mencapai volume 3 dan Animenya sudah beredar di Tahun ini dengan studio yang mengarapnya yaitu Xebec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar